Selamat Datang di Website Resmi Desa  Batukaang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Batukaang untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Batukaang meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Indahnya Bentangan Tanaman Kopi di Desa Batukaang bagaikan permadani di kaki langit, gunung menjulang berpayung awan, ini berarti menandai kesuburan alam pegunungan.  Majulah Desa Batukaang

Artikel

UPACARA, UPAKARA YANG SEIMBANG

19 Agustus 2022 08:44:22  admin-batukaang  104 Kali Dibaca  Berita Desa

Seka truna truni Desa Batukaang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli yang tergabung dalam organisasi STT Mekar Jaya,melaksanakan lomba dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 77, Rabu 17 Agustus 2022. Lomba yang diadakan seperti lomba makan kerupuk, lari karung, panjat pinang, pancing botol, tarik tambang,putsal, dll.

Peserta lomba tidak hanya dari kalangann siswa-siswi, tetapi juga diikuti oleh warga.Warga dan anak-anak sangat antusias dalam mengikuti lomba. Satu hal yang menarik dari lomba panjat pinang, hadiahnya tidak seperti pada umumnya yang tergantung diatas pohon pinang, tetapi tersembunyi di balik amplop, hadiah yang diberikan juga sangat menarik yakni berupa alat-alat pertanian.

Selain itu, saat 17 Agustus juga dilaksanakan Pengrapian padi jagung di Desa Batukaang, tujuan dilaksanakannya upacara ini adalah untuk memohon keselamatan pada tumbuh-tumbuhan agar dijauhkan dari hama, penyakit dan dapat berbuah dan tumbuh subur. Dalam upacara ini, masyarakat menggunakan sarana upacara Babi 2 ekor.

Tidak hanya warga Batukaang,semua warga yang mempunyai ladang di Batukaang, wajib mengikuti upacara tersebut. Tata upacara ini diawali dengan penyemblihan babi 2 ekor, kemudian diolah menjadi sate,dan lawar, yang nantinya akan dibagikan kepada warga dalam bentuk " Malang/ Kawes" sedangkan kepala dan ekornya dihias dengan sebutan Songo. Songo inilah kemudian dihaturkan di Pura Dalem. Upacara ini sudah ada sejak dulu, sebelum adanya pertanian seperti saat ini, namun sampai sekarang tetap dilaksanakan dengan makna yang sama.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Agenda

Belum ada agenda

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Video Desa

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:66
    Kemarin:234
    Total Pengunjung:66.102
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.175.107.185
    Browser:Tidak ditemukan