Selamat Datang di Website Resmi Desa  Batukaang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Batukaang untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Batukaang meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Indahnya Bentangan Tanaman Kopi di Desa Batukaang bagaikan permadani di kaki langit, gunung menjulang berpayung awan, ini berarti menandai kesuburan alam pegunungan.  Majulah Desa Batukaang

Artikel

GIAT POSYANDU GUNA MEMANTAU TUMBUH KEMBANG BALITA

29 September 2021 10:40:40  admin-batukaang  30 Kali Dibaca  Berita Desa

Peran Posyandu ( pos pelayanan terpadu ) sangatlah penting di masyarakat, tidak hanya untuk memantau tumbuh kembang bayi dan balita tetapi juga program posyandu diperuntukan untuk ibu hamil, ibu menyusui dan pasangan usia subur.Tujuan utama dari Posyandu adalah mencegah peningkatan kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan,atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Selain itu juga fungsi posyandu untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Hal inilah yang juga dilaksanakan oleh Posyandu Flamboyan yang ada di Desa Batukaang, kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Setiap sebulan sekali kader posyandu melaksanakan kegiatan yang meliputi :

1.Program kesehatan anak, hal ini rutin dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mengetahui sejak dini apakah anak mengalami gangguan tumbuh kembang, selain itu juga dilakukan pengukuran berat badan,tinggi badan dan ukuran kepala, stunting serta pemberian imunisasi dan makanan tambahan.

2.Program kesehatan ibu hamil, ibu hamil juga diberikan pelayanan kesehatan dan pemantauan nilai gizi serta kelas ibu hamil.

3.Program posyandu lansia, sama halnya dengan posyandu balita, lansia juga memperoleh pelayanan berupa: pengukuran tensi, berat badan dan pemberian makanan tambahan serta kegiatan senam lansia.

Semua kegiatan tersebut didanai dari Dana Desa sesuai arahan Pemerintah dan hingga bulan september ini nilai anggaran yang sudah terealisasi yaitu sebesar Rp.51.316.000 ( lima puluh satu juta tiga ratus enam belas ribu rupiah ) dari total anggaran Rp. 70.250.000 ( tujuh puluh juta dua ratus lima puluh ribu rupiah ) atau sekitar 73 %.

Dengan adanya Posyandu, semakin besar manfaat yang dapat dirasakan, dengan pengetahuan yang baik diharapkan kualitas kesehatan ibu dan anak dapat meningkat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Agenda

Belum ada agenda

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Video Desa

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:145
    Kemarin:102
    Total Pengunjung:12.224
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.16.210
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel