Selamat Datang di Website Resmi Desa  Batukaang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Batukaang untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Batukaang meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Indahnya Bentangan Tanaman Kopi di Desa Batukaang bagaikan permadani di kaki langit, gunung menjulang berpayung awan, ini berarti menandai kesuburan alam pegunungan.  Majulah Desa Batukaang

Artikel

NGADEGANG BENDESA DI HARI RAYA GALUNGAN

16 April 2021 09:46:55  admin-batukaang  209 Kali Dibaca  Berita Desa

 

 

 Gambar Utama

Perayaan Hari Raya Galungan yang jatuh pada Budha Kliwon Dunggulan ( Rabu, 14/04/2021 ) kali ini dirasakan sangat berbeda oleh masyarakat Desa Batukaang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, pasalnya bertepatan di Hari Raya Galungan ini, masyarakat Desa Batukaang juga memiliki Bendesa baru I Ketut Resep periode 2021-2026.

Dengan berakhirnya masa jabatan I Made Yadnyana selaku Bendesa, maka sesuai hasil musyawarah dan perareman Desa Adat, maka diputuskanlah akan dilaksanakannya pemilihan Bendesa yang baru. Diawali dengan pemilihan calon Bendesa oleh Krama Banjar Lanang Minggu ( 11/04/2021) dengan cara memilih langsung, sehingga diperoleh 3 suara terbanyak yaitu : I Wayan Panggil, I Made Buda Sedana dan I Ketut Resep.

Ke 3 calon tersebut disepakati oleh panitia dan Parajuru Desa akan dipilih saat Hari Raya Galungan ( Rabu 11/04/2021 ) dengan cara masing-masing calon mengambil lekesan atau porosan, nantinya siapa yang mendapatkan porosan bertulisakan "Bendesa Adat Batukaang" maka dialah yang akan menjadi Bendesa.

Pengambilan lekesan dilaksanakan di Ajeng Pura Bale Agung oleh masing-masing calon dan disaksikan oleh seluruh masyarakat Desa Batukaang yang hadir. Setelah selesai persembahyangan ketegangan sudah terlihat di raut wajah para calon yang akan mengambilan Lekesan. Lekesan yang diambil sebanyak 9 buah artinya masing- masing calon memiliki kesempatan tiga kali pengambilan jika belum ada yang terpilih. Dan benar saja, pada saat pengambilan pertama, tak satupun Lekesan berisi tulisan. Sorak masyarakatpun membuat suasana semakin mendebarkan, pengambilan Lekesan ke 2pun semakin seru, setelah masing-masing calon mengambil lekesan dan disaat di buka bersamaan, lagi-lagi tak satupun berisi tulisan. Kini keteganganpun semakin terlihat jelas dari ke 3 calon bahkan masyarakat yang menyaksikan ikut tegang sembari mendoakan agar calon yang diharapkan dapat terpilih.

Akhirnya Atas Asung Kerta Wara Nugraha Sang Hyang Widhi Wasa dan atas Restu Beliau, di pengambilan Lekesan yang ke 3, terpilihlah I Ketut Resep sebagai Bendesa Adat Batukaang, sebab Lekesan yang diambilnyalah yang berisi tulisan.

 

 

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Agenda

Belum ada agenda

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Video Desa

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:133
    Kemarin:102
    Total Pengunjung:12.212
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.16.210
    Browser:Tidak ditemukan